, SURABAYA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sembada menerima sekitar 800 pelanggan baru dari kawasan perumahan mewah. Hal ini menambah jumlah pelanggan PDAM menjadi sekitar 525.000 pelanggan hingga tahun 2014 ini. Manajer Humas PDAM Sembada Muhammad Iqbal mengatakan, tambahan 800 pelanggan itu karena Pemkot tidak lagi memperpajang izin pemakaian air bawah tanah (PABT).Dia menambahkan penambahan pelanggan tersebut berasal dari tiga perumahan mewah di Surabaya Barat, yakni dari Perumahan Bukit Indah, Perumahan Indah Lontar, dan Perumahan Villa Valensia."Sebelumnya, warga di kawasan perumahan mewah itu menggunakan air bersih yang dikelola oleh pengembang perumahan dari air bawah tanah. Seiring dengan kebijakan pengaturan penggunaan air tanah oleh Pemkot Surabaya, izin penggunaan air bawah tanah tidak diperpanjang sehingga mereka beralih ke air PDAM," katanya, Minggu (14/9/2014).Menurut Iqbal, serah terima pelanggan baru tersebut dilakukan beberapa waktu lalu. Selain itu, juga instalasi jaringan air yang sudah terpasang di perumahan tersebut kini dibawah pengelolaan PDAM. Dan PDAM hanya memasang alat pencatat meter air di setiap rumah mewah yang menjadi pelanggan."Kami mengenakan tarif pelanggan rumah mewah sama dengan pelanggan lain, dan tarif itu dirasa lebih murah dibandingkan ketika masih berlangganan air dari pengembang perumahan," ucap Iqbal.Mengenai ratusan perumahan mewah yang akan menjadi pelanggan PDAM, ungkap Iqbal, dipastikan akan terus bertambah. Pasalnya, adanya perda dan perwali soal pengaturan penggunaan air bawah tanah menjadikan pengembang tidak bisa sembarangan menggunakan air bawah tanah. Jika Pemkot tidak memperpanjang izin penggunaan air tanah, mereka pasti akan beralih menjadi pelanggan PDAM."Seperti perumahan Citraland, selama ini mereka menggunakan air bawah tanah dan kebetulan izinnya belum habis. Ketika izinnya habis dan pemkot tidak memperpanjang, maka warga perumahan bisa pindah ke PDAM untuk memenuhi kebutuhan airnya," ujar Iqbal.PDAM Sembada saat ini terus menggenjot pertumbuhan pelanggan. Berbagai cara dilakukan seperti memberikan diskon bersamaan dengan momen peringatan, seperti Hari Jadi Kota Surabaya beberapa waktu lalu, dengan diskon pemasangan sebesar 50 persen berhasil menambah jumlah pelanggan sebanyak 8.000 dalam dua bulan. Selanjutnya digelar diskon HUT Kemerdekaaan RI selama sebulan dengan target 5.000 pelanggan baru.Dengan semakin banyak pelanggan PDAM yang kini mencapai 525.000 pelanggan, PDAM Surabaya semakin memantapkan diri untuk merealisasi rencana pembangunan IPAM (instalsi pengolahan air minum) Karangpilang IV pada 2015."Langkah ini diambil untuk mencukupi kebutuhan pasokan air ke pelanggan. Ini dikarenakan dari IPAM yang sudah ada dirasakan masih kurang mencukupi," tandas Iqbal.
Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com
Post a Comment